SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

SARASEHAN IDENTIFIKASI BANTUAN KEUANGAN KHUSUS DANA KEISTIMEWAAN BAGI KELURAHAN/ KALURAHAN

02 Mei 2023 13:38:56  Kader Digital  467 Kali Dibaca  Berita Desa

(REPOST)- Sarasehan Bantuan Keuangan Khusus Dana Keistimewan (BKK Dais) Bagi Kalurahan/Kelurahan se Kapanewon Wates Tahun 2023  dilaksanakan pada hari Selasa, 18 April  2023 di Pendopo Kapanewon Wates. 

Hadir dalam kesempatan tersebut dari Panewu, Panewu Anom, Lurah, Carik, BPKal, PKK Kapanewon, Karang Taruna, Unsur LPMK, Pendamping Desa dengan nara sumber dari Bappeda Kabupaten.

Menurut Kabid Litbang Bappeda Kulon Progo Hamdan Syakiri, S.Psi. M.P Sciencce, MPA  Usulan Dais paling tidak memuat 4 (empat) manfaat yaitu  upaya Penanggulangan kemiskinan melalui program di bidang perternakan dan pertanian, Pemberdayaan masyarakat melalui program pelestarian kebudayaan jathilan dll, Pengurangan penggangguran melalui program Padat Karya dan Peningkatan PAD dengan melakukan investasi melalui program pengembangan tempat wisata.

Sementara nara sumber kedua itu Sapti Rahyu SE dari Bappeda Kulon Progo menyampaikan alur Perencanaan Program dan kegiatan Dais melalui 2 (dua)  jalur :

1. Jalur APBD Kabupaten kepada masyarakat melalui Musrenbangdes.

Lurah yang difasilitasi oleh pendamping setelah dikoreksi dan verifikasi disampaikan kepada Panewu untuk dilakukan penilaian kelayakan  oleh tim verifikasi kapanewon yang kemudian disampaikan kepada Bupati untuk dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi) melalui TAPD (Bappeda) yang kemudian disampaikan ke Gubernur dengan tembusan Paniradya Propinsi.

2. Jalur APBD Kalurahan atau langsung atau OPD DIY kepada masy. Melalui Musrenbangdes.

Lurah yang difasilitasi oleh pendamping setelah dikoreksi dan verifikasi diketahui 0leh Panewu dan atau Bupati dilanjutkan kepada  OPD pengampu kebijakan strategis Gubernur untuk dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi oleh Paniradya Propinsi untuk disampaikan kepada Gubernur.

 

Sumber : https://wates.kulonprogokab.go.id/detil/690/sarasehan-identifikasi-bantuan-keuangan-khusus-dana-keistimewaan-bagi-kalurahankelurahan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk