SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

KILAS BALIK : PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH RAKSASA DI KALURAHAN TRIHARJO

16 Agustus 2023 10:47:50  Kader Digital  365 Kali Dibaca  Berita Desa

HARI KEMERDEKAAN-  Masih ingat pengibaran merah putih raksasa berukuran 6 x 9 meter di Padukuhan Seworan tahun 2022 kemarin ? Kalo lupa yuk baca lagi di PENGIBARAN BENDERA RAKSASA DI TRIHARJO. Atau mari kita simak artikel yang dimuat oleh detik.com berikut ini :

(REPOST)-Kulon Progo - Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Para petani menggelar upacara pengibaran bendera berukuran raksasa.
Hal ini dilakukan oleh petani di Dusun Seworan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates. Mereka memutuskan rehat sejenak dari aktivitas bertani untuk turut serta dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 77.

Selain petani, kegiatan ini juga diikuti warga dengan pekerjaan lain, seperti guru, dokter, perawat serta polisi. Anak-anak hingga remaja pun turut serta meramaikan upacara ini. Adapun para peserta mengenakan atribut sesuai dengan pekerjaannya.

"Kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan masyarakat mulai dari kaum tani, tukang kebersihan, karangtaruna, pondok pesantren, dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini memang swadaya murni dari masyarakat Seworan, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 77," ucap Jagabaya Triharjo, Bambang Handaya saat ditemui usai upacara, Rabu (17/8/2022).

Bambang menjelaskan bendera merah putih yang dikibarkan dalam kegiatan ini merupakan hasil swadaya masyarakat. Total biaya yang dihabiskan untuk pembuatan bendera itu mencapai Rp5 juta. Adapun bendera ini menjadi yang terbesar di tingkat Kapanewon Wates.

Lewat acara ini, diharapkan bisa menguatkan jiwa nasionalisme masyarakat, khususnya kaum tani. Selain itu ada harapan, pandemi bisa segera berakhir dan tak lagi merebak di Indonesia.

"Untuk pengibaran bendera merah putih yang saat ini terbesar di Kapanewon Wates. Mudah-mudahan kegiatan 17-an yang akan datang bisa berjalan dengan baik, dan untuk pandemi COVID-19 bisa segera selesai dan tidak merebak lagi di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu salah satu peserta, Martini mengaku sangat bangga bisa ikut dalam upacara pengibaran bendera raksasa ini. Terlebih melihat antusiasme peserta yang begitu tinggi.



"Bangga sekali dengan antusias masyarakat yang sudah inisiatif untuk membuat bendera raksasa, dengan bangganya untuk mengisi hari ulang tahun kemerdekaan ini," ujarnya.
"Dan tadi mengadakan upacara yang secara spontan kami mempersiapkan dengan nuansa karena kami sebagian besar petani desa, dan untuk itu kami mengadakan upacara ini dengan berpakaian desa dan berpakaian petani. Ini saya bangga sekali," sambungnya.

Martini mengatakan upacara seperti ini sebenarnya sudah pernah digelar pada tahun-tahun sebelumnya. Namun baru kali ini upacara diikuti oleh ratusan peserta, dan adanya bendera raksasa.

"Pernah tapi waktu itu sedikit sekali yang mengikuti karena mungkin belum tahu kalau itu nanti buat kebanggaan kita, bahwa dalam mengisi kemerdekaan itu seperti apa, kemudian untuk yang sekarang ini lain," ucapnya.

Rasa bangga juga dirasakan Suryani. Ia bahkan mengaku sempat merinding saat detik-detik pengibaran bendera merah putih.

"Tentunya saya bangga sekali selaku warga Seworan ini mengibarkan bendera yang sangat besar dengan ukuran 6x9 meter itu membuat bangga. Ketika hormat pun kita sampai merinding sekali," ujarnya.


Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Arsip Artikel

06 Maret 2019 | 26.876 Kali
Profil Desa
06 Maret 2019 | 26.565 Kali
Pamong Kalurahan
06 Maret 2019 | 26.276 Kali
Profil Wilayah Desa
06 Maret 2019 | 26.249 Kali
Data Desa
05 Juli 2019 | 26.071 Kali
Aduan
22 Januari 2019 | 26.059 Kali
VISI DAN MISI
05 Juli 2019 | 25.975 Kali
Dasar Hukum

Statistik Penduduk