SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

MENCARI KERJA? JOB FAIR KULON PROGO BUKA LEBIH DARI 2000 LOWONGAN

09 Agustus 2023 13:25:17  Kader Digital  316 Kali Dibaca  Berita Desa

(REPOST) Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo menggelar Job Fair di Aula SMK Negeri 2 Pengasih pada Rabu-Kamis (9-10/8/2023) mulai dari pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Dalam Job Fair tersebut, terdapat lebih dari 2.000 lowongan kerja (loker) yang dibuka, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pejabat Fungsional Pengantar Kerja Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kulonprogo, Esti Rohana mengatakan bahwa total lowongan kerja yang terdaftar melalui Job Fair mencapai 2.734 dari 25 perusahaan. 

“Kami juga menghadirkan dari Pusat Rehabilitasi Yakkum terkait konsultasi dengan kedisabilitasan. Besok itu ada juga dua perusahaan [yang dapat menyalurkan] ke luar negeri melalui P3MI [Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia],” kata Esti, Selasa (8/8/2023).

Kedua perusahaan itu adalah PT Sukses Mandiri Utama dan PT Duta Wibawa Manda Putra. Melalui kedua perusahaan tersebut, pencari kerja dapat disalurkan untuk bekerja di Malaysia. “Setiap tahun selalu kami upayakan menggelar Job Fair. Dana yang dipakai juga dari APBD. Dapat kami anggarkan. Job Fair kali ini juga kedua kalinya setelah pandemi,” katanya.

Esti menjelaskan ketika pengunjung datang maka mereka akan diarahkan untuk melakukan registrasi online terlebih dahulu. Tujuan registrasi tersebut untuk memetakan jumlah pengunjung. Setelah itu, pengunjung dapat mengunjungi masing-masing stan perusahaan. “Pengunjung dapat sekadar mencari informasi terlebih dahulu atau bisa langsung mendaftar,” ucapnya.

Disnakertrans Kulonprogo menargetkan dapat menarik 950 pengunjung utamanya pencari kerja selama dua hari. Tahun lalu, Job Fair yang digelar dapat menarik 1.000 lebih pengunjung baik dari dalam dan luar Kabupaten Kulonprogo.

Meskipun digelar di Kulonprogo, tegas Esti, Job Fair yang digelar ditujukan untuk masyarakat umum yang sedang mencari kerja. “Pada prinsipnya kami melayani seluruh pencari kerja masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Lebih jauh, Esti menjelaskan pada awalnya Disnakertrans Kulonprogo mentargetkan keikutsertaan 20 perusahaan. Ternyata animo perusahaan untuk terlibat dalam Job Fair sangat besar. Akhirnya terdapat 25 perusahaan yang ikut serta.

Job Fair ini memang menjadi salah satu upaya kami untuk mengurangi angka pengangguran melalui percepatan penempatan. Program yang melibatkan pelajar juga ada melalui bursa kerja. Kami berikan pembinaan ke bursa kerja, khusus yang ada di SMK,” ujar dia.

 

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2023/08/08/514/1144526/mencari-kerja-job-fair-kulonprogo-buka-lebih-dari-2000-lowongan

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk