SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

SUHU DINGIN JOGJA, APA SIH PENYEBABNYA??

22 Juli 2023 11:40:46  Kader Digital  1.709 Kali Dibaca  Berita Desa

Suhu dingin dari sore sampe pagi hari, angin kencang di siang hari dan juga cuaca terik, eh tapi kok beberapa hari yang lalu hujan. Sebenarnya sekarang musim apa yaa?? Yuk simak berita dari detik.com kali ini :

(REPOST) Kulon Progo - Seruak udara dingin dengan suhu terendah mencapai 19,4 derajat Celsius melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak beberapa waktu terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut Jogja dingin dipicu oleh sejumlah hal. Apa saja?

Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Yogyakarta, M Nurhadi, menerangkan suhu di wilayah DIY mengalami penurunan yang cukup signifikan sejak lima hari lalu. Suhu minimum saat dini hari bisa menyentuh 19 derajat Celsius dari normalnya kisaran 24-25 derajat Celsius.

 

"Untuk suhu minimum harian dalam lima hari terakhir di wilayah DIY, khususnya di wilayah Kota Jogja dan area Bandara YIA, yang terpantau itu mencapai 19° Celsius saat dini hari dari normalnya 25° Celsius. Sementara untuk di wilayah Sleman dan Kulon Progo sisi utara atau wilayah pegunungan bisa lebih dingin dari itu, mungkin bisa sampai 17-18° Celsius. Kemudian di wilayah Ponjong (Gunungkidul) sama Pakem (Sleman) itu bisa sampai 16° Celsius," ujar Nurhadi saat dihubungi detikJateng lewat sambungan telepon, Jumat (21/7/2023).

 

Nurhadi mengatakan penurunan suhu yang bikin tubuh terasa bediding ini dipicu oleh beberapa hal. Pertama karena adanya pergerakan angin monsun dari Benua Australia menuju Benua Asia. 

"Di Benua Australia sekarang sedang musim dingin. Jadi masa udara dingin yang kering tersebut (angin monsun) bergerak ke Benua Asia dan melewati wilayah Indonesia. Nah pada saat itu suhu dinginnya melewati wilayah Indonesia juga, jadi suhu minimum di wilayah DIY umumnya Pulau Jawa bisa lebih dingin dari kondisi normalnya," jelasnya.

 

Faktor kedua, lanjut Nurhadi, karena cuaca yang senantiasa cerah tak berawan bahkan saat malam hari sejak beberapa hari terakhir. Ketiadaan awan itu membuat radiasi yang dipancarkan bumi langsung terlepas menuju atmosfer. Hal ini pun turut berdampak pada suhu Jogja terasa dingin.

 

"Hal ini juga disebabkan oleh kondisi cuaca di wilayah DIY sejak lima terakhir cenderung cerah terutama saat dini hari, di mana di waktu-waktu itu mencapai suhu minimum. Karena cerah, sehingga radiasi bumi yang dipancarkan bumi pada malam hari itu langsung terlepas ke atmosfer," ucapnya.

 

"Nah, biasanya kan kalau lagi mendung itu banyak awan, sehingga radiasi bumi busa tertahan awan, jadi suhu biasanya lebih hangat," sambung Nurhadi.

 

Sumber : www.detik.com/jateng/jogja/d-6834017/penjelasan-bmkg-suhu-jogja-dan-sekitarnya-dingin-hingga-194-derajat-celsius/amp

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk