SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

PERESMIAN DESA HOSTING PERTAMA DI INDONESIA

27 Mei 2023 20:29:33  Kader Digital  465 Kali Dibaca  Berita Desa

(REPOST)- TV Desa News – Kulon Progo : Peresmian Desa Hosting Triharjo, Rabu tanggal 24 Mei 2023 oleh Lurah Triharjo dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kulon Progo, Panewu Anom Wates, Pamong Desa, BPD, Kader Digital, Duta Digital dan Karang Taruna Kalurahan Triharjo.

Sebagai salah satu usaha milik desa melalui komunitas digital desa dan BUMDes-nya, Desa Hosting Triharjo menjadi pertama dan satu-satunya desa yang ada di Indonesia yang mempunyai usaha di bidang penyediaan hosting dan pembuatan website secara profesional.

Dalam peresmian tersebut, Lurah menyambut baik dan mendukung keberadaan program ini, agar masyarakat di Kalurahan Triharjo, khususnya bagi BUMDes, pelaku UMKM, Kelompok Swadaya Masyarakat, pemilik produk serta anak-anak muda untuk memaksimalkan keberadaan dari Desa Hosting ini.

Desa Hosting mempunyai dua konsep dalam pengelolaan dan pengembangannya, yaitu sebagai pendukung pemberdayaan masyarakat dan untuk tujuan komersial. Jadi setiap platform ini dijalankan harus memenuhi dua konsep tersebut yang tidak bisa dipisahkan.

Dalam hal pemberdayaan masyarakat, Desa Hosting menyediakan sebuah all in one website yang digunakan untuk kepentingan pemerintah desa dan untuk masyarakat di Kalurahan Triharjo. Sedangkan dalam hal untuk tujuan komersial, keberadaan platform ini mampu menjadi sebuah usaha baru milik desa yang bisa mendatangkan profit bagi pengelola (komunitas/BUMDes) dan pemerintah desa.

Menurut Panewu Anom Wates, Yuli Indarto, S.STP, keberadaan platform ini sangat bagus sekali untuk mendukung pemberdayaan masyarakat apalagi bisa mendatangkan profit bagi desa. “Mari jadikan tanggal 24 Mei 2023 ini sebagai tonggak berdirinya Desa Hosting, yang sangat bermanfaat bagi banyak pihak” ujarnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kulon Progo, Drs. Ariadi, M.M yang juga hadir dalam peresmian tersebut, sangat mengapresiasi dengan keberadaan platform ini. “Kini kita mempunyai bayi lagi yang lahir dari desa, sebuah program yang unik dan memberi kemanfaatan bagi desa dan masyarakat, dan ini sangatlah pas karena ada sisi pemberdayaan dan ada juga sisi bisnisnya”, imbuhnya.

Pamong Desa dan masyarakat Kalurahan Triharjo sangat mendukung program ini, harapannya masyarakat akan semakin termotivasi dalam memulai transformasi digital dan menggunakan literasi digital sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, menuju kehidupan yang lebih baik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk