SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

YUK CEK BERITA DI WEBSITE KALURAHAN TRIHARJO

13 Juni 2023 15:00:46  Kader Digital  421 Kali Dibaca  Berita Desa

Hai teman-teman desa,

Pasti sudah tidak asing lagi dengan website SID. Untuk website Kalurahan Triharjo link nya https://triharjo-kulonprogo.desa.id/

INGATTT...

Triharjo yang ada Kulon Progonya yaa..

Apasih manfaat dari website desa itu??

Melansir dari elhwatech.web.id Peran dari website desa adalah sebagai berikut :

1. Sarana Menunjukkan Kondisi Desa

Masalah pemerataan pembangunan, pendidikan, dan lainnya masih menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Hal ini bisa saja terjadi bukan karena tidak adanya dana atau tidak tepat sasaran. Namun, bukan tidak mungkin hal ini terjadi karena tidak adanya informasi terkait situasi dan kondisi desa Anda. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah membuat website desa.

Pemerintah desa bisa memberikan informasi terkait situasi dan kondisi yang ada di desa dalam website tersebut, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Dengan demikian, pemerintah kota atau bahkan pusat bisa mengetahui situasi dan kondisi desa Anda. Jika ada kondisi yang tidak memadai, bukan tidak mungkin dana akan mengalir ke desa Anda.

2. Publikasi Kegiatan Desa

Masyarakat desa berhak tahu apa saja program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa. Selain itu, pemerintah desa juga pasti memiliki program yang akan dilakukan di kemudian hari. Untuk itu, pemerintah desa dapat mempublikasikan kegiatan desa tersebut di website desa sehingga masyarakat mengetahui berbagai program tersebut.

3. Meningkatkan Pelayanan Desa Lebih Baik

Berbagai pelayanan desa bisa dipublikasikan melaluiwebsitedesa tersebut. Selain itu, website ini juga memungkinkan pemerintah desa bisa membuka pelayanan berbasis online. Dengan demikian, masyarakat dipermudah dalam menggunakan berbagai layanan dari desa tanpa harus datang atau mengantri di kantor pemerintah desa.

Salah satu contoh pelayanan tersebut yaitu adanya pelayanan surat keterangan yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual. Hal ini dikarenakan adanya sistem informasi desa (SID) membuat data warga bisa disimpan. Nah, jika ada warga yang ingin membuat surat keterangan, data tersebut dapat diisikan secara otomatis dan surat bisa dicetak secara langsung. Dengan ini, tugas pemerintah desa bisa terbantu dan masyarakat juga lebih puas dengan adanya pelayanan cepat tersebut.

4. Sumber Data Dan Informasi Tentang Desa 24 Jam

Website desa juga bisa diisi dengan berbagai informasi terkini mengenai segala hal yang terjadi di desa. Dengan demikian, masyarakat mengetahui kondisi terkini di desanya. Beberapa informasi tersebut misalnya ada pemerintah kota yang hadir ke desa, maraknya pencurian sehingga masyarakat diminta lebih berhati-hati, dan informasi lainnya.

5. Media Pengaduan Dan Penerima Aspirasi Masyarakat

Masyarakat juga berhak melakukan pengaduan jika ada layanan yang dirasa kurang optimal. Dengan demikian, pemerintah desa bisa melakukan perbaikan layanan sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya. Masyarakat juga akan merasa lebih nyaman dengan layanan tersebut. Nah, untuk memudahkan masyarakat melakukan hal tersebut, pemerintah desa bisa memberikan layanan pengaduan melalui website. Manfaat website bagi desa memang sangat luar biasa.

6. Media Pemasaran Potensi Desa

Website desa juga memungkinkan sebagai sarana promosi desa. Jika desa Anda memiliki suatu keunikan atau potensi sumber daya alam serta manusia, website dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai keunikan dan sumber daya tersebut. Beberapa sumber daya tersebut misalnya wisata, UKM, atau kerajinan tangan masyarakat yang bisa untuk dijual. Dengan melakukan hal ini, bukan tidak mungkin kesejahteraan masyarakat desa bisa ditingkatkan.

7. Media Pelaporan Progress Pembangunan

Setiap desa pasti memiliki program pembangunan dalam rangka memajukan desanya. Di sisi lain, masyarakat desa berhak tahu sampai mana progress pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah desa. Untuk itu, pelaporan progress pembangunan diperlukan. Nah, dengan adanya website desa, pemerintah desa dapat melakukan hal tersebut dengan lebih mudah.

8. Media Informasi Kepada Masyarakat

Biasanya pemerintah desa bingung untuk menyampaikan informasi kepada masyarakatnya. Nah, dengan memiliki website desa, pemerintah dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Jadi, informasi tersebut bisa ditampilkan di website desa sehingga masyarakat bisa mengetahui mengenai informasi tersebut.

9. Warga Dapat Lebih Berpartisipasi Aktif Dalam Pembangunan Desa

Ketersediaan informasi desa yang mudah diakses dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa. Hal ini dikarenakan warga bisa mengetahui kegiatan yang sedang berjalan dan juga program yang sedang direncanakan. Dengan demikian, warga dapat turut memberi usul atau masukan lain serta mengawal berbagai kegiatan tersebut.

10. Kantor Desa Lebih Efektif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa SID menyimpan semua data lengkap warga. Dengan hal ini dapat memudahkan pemerintah desa dalam melakukan suatu program yang diinginkan agar dapat tepat sasaran. Hal ini dikarenakan, adanya data pada SID dapat membantu pemerintah desa untuk memilah data penduduk sesuai dengan kriteria yang diinginkan.  Hal ini tentu sulit dilakukan secara manual karena penentuan sasaran dilakukan tanpa berbasis data atau dengan kira-kira.

sumber : https://elhwatech.web.id/manfaat-website-bagi-desa/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk