SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

PENDAMPINGAN ADMINISTRASI LOMBA DESA

06 Februari 2024 12:47:36  Kader Digital  17 Kali Dibaca  Berita Desa

(REPOST)- Senin, 05 Februari 2023, Kalurahan Triharjo merupakan Kalurahan yang mewakili Kapanewon Wates dalam lomba Desa Tingkat Kabupaten  Tahun 2024. Dipilihnya Kalurahan Triharjo sebagai perwakilan dalam lomba Desa  tingkat Kabupaten karena lolos sebagai Juara I Tingkat Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024,  yang penilaian tersebut tertuang dalam Keputusan Panewu Wates Nomor 14 Tahun 2024 Tanggal 21 Januari 2024 tentang Penetapan Kalurahan Terpilih Dalam Evaluasi Perkembangan Kalurahan (Lomba Kalurahan) Tingkat Kapanewon Wates Tahun 2024 sehingga Kalurahan Triharjo berhak mengikuti  Lomba Desa  Tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Sebelum dilakukan pendampingan administrasi juga di suguhi pemaparan lurah Triharjo dengan durasi waktu lebih kurang 20 menit mengenai gambaran kondisi pelayanan, dan berbagai unsur  diantaranya pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan serta menampilkan keunggulan dan inovasi yang dimiliki Kalurahan Triharjo Kapanewon Wates.

Pendampingan Administrasi Lomba Desa terdiri dari Kapanewon Wates, TP PKK Kapanewon Wates, BPP Kapanewon Wates, Puskesmas Wates, PLKB Kapanewon Wates serta Pendamping Desa Kapanewon Wates.

Panewu Wates selaku Tim Penilai Lomba Desa tingkat Kapanewon Wates juga mengapresiasi atas paparan yang diberikan  oleh Lurah Kalurahan Triharjo, dan dalam sambutannya  menyampaikan bahwa pelaksanaan kegatan Pendampingan administrasi Lomba Desa dimaksudkan unruk mengevaluasi tingkat perkembangan Desa yang meliputi aspek Pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan dengan membandingkan data/kondisi Desa selama 2 tahun terakhir, data profil desa dan Kelurahan serta dokumen RPJMD dan Dokumen perencanaan kelurahan. Selain itu untuk meningkatkan  motivasi bagi pemerintahan, serta mendorong semakin tumbuhnya semangat pemberdayaan masyarakat desa dan kalurahan.

Melalui lomba ini kreatifitas dan inovasi masyarakat terus meningkat, sehingga masyarakat semakin mampu memperdayakan diri sendiri untuk bisa hidup lebih sejahtera. Alokasi anggaran pemerintah untuk dimasyarakat di kalurahan tidak akan memadai tanpa partisipasi masyarakat, dengan demikian dana yang disaluran melalui berbagai program perlu di dukung, di kontrol agar pengelolaan dapat dilakukan dengan baik transparan dan bertanggungjawab serta lembaga-lembaga di tingkat kalurahan diberdayakan agar dapat berfungsi dengan efektif dalam mengawal program-program pembangunan di daerah..

Dalam pesan dan kesan yang disampaikan oleh panewu Wates selaku ketua tim penilai Lomba Desa tingkat Kapanewon menyampaikan harapan serta evaluasi data-data paling tidak akan menjadi lengkap, dan harapannya bisa masuk nominasi yang akan mewakili tingkat Kabupaten ke tingkat Propinsi.

 

sumber : https://wates.kulonprogokab.go.id/detil/789/pendampingan-administrasi-lomba-desa-tingkat-kabupaten-tahun-2024

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk