SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KLURAHAN TRIHARJO

Artikel

APA ITU MUSRENBANG?

31 Agustus 2023 13:32:36  Kader Digital  554 Kali Dibaca  Berita Desa

Warga Triharjo pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Musduk, Musrenbang, muskal dsb. Nah, kali ini admin akan menjelaskan mengenai MUSRENBANG. Apa itu musrenbang? apa tujuannya?. Kali ini admin akan mengambil sumber dari kompas.com , Yuk kita simk bersama-sama : 

KOMPAS.com - Istilah Musrenbang seringkali didengar ketika para pemangku kepentingan melaksanakan rapat kerja di suatu wilayah.

APA ITU MUSRENBANG? 
Musrenbang memiliki kepanjangan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Dalam Pasal 11 UU tersebut disebutkan bahwa Musrenbang diselenggarakan dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). 

Musrenbang diikuti oleh unsur-unsur penyelenggara negara sesuai dengan kepentingannya dengan turut mengikutsertakan masyarakat. Pada rapat besar skala nasional umumnya yang menyelenggarakan yakni Menteri dan Kepala Bappeda.  Musrenbang tidak hanya dilakukan di tingkat nasional namun juga di tingkat provinsi, musrenbang tingkat kota/kabupaten, musrenbang tingkat kecamatan, dan musrenbang tingkat kelurahan/desa

TUJUAN MUSRENBANG 
Musrenbang dilakukan untuk menyusun sejumlah rencana pembangunan di suatu wilayah seperti menentukan anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya. Tujuannya agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi ke dalam proses perencanaan untuk tahun berikutnya yang dilakukan pemerintah setempat. Kegiatan musrenbang umumnya membahas isu strategis yang ada, proses-proses yang telah dijalani pada tahun tersebut, capaian-capaian target dan sasaran dari Pemerintah Kota/Kabupaten setempat. Setelah itu baru menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). RKPD itulah yang kemudian akan digunakan untuk penyusunan KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Plafon Prioritas Anggaran Sementara).
MACAM-MACAM MUSRENBANG

Ardeno Kurniawan dalam bukunya menuliskan bahwa kegiatan musrenbang sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yakni:

1. Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang

2. Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah

3. Musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah


sumber : https://nasional.kompas.com/read/2023/08/17/00150001/apa-itu-musrenbang-

Referensi : Kurniawan, Ardeno. (2022). Politik dan Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Penerbit Andi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Km 3 Triharjo, Wates, Kulon Progo
Kalurahan : Triharjo
Kapanewon : Wates
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55651
Telepon : 0274774604
Email : pemdes.triharjo.wates@gmail.com

Statistik Penduduk